085107588188 085107588188 5994A1E1

Prosesi Pernikahan Urang Banjar, Kalimantan Selatan

Jumat, April 26th 2013.

pakaian pengantin banjar_1

 

Dalam adat istiadat masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, proses perkawinan dilakukan amat terperinci dalam tahapan upacara yang sarat akan makna dan simbol-simbol tertentu. Berhubung, kebudayaan masyarakat Banjar sedikit banyak dipengaruhi agama Islam yang dibawa oleh bangsa-bangsa Arab saat singgal dan berdagang di daerah tersebut, maka nampak dalam upacara pernikahan banyak sekali menyerap nilai-nilai agama Islam. Berikut ini akan kami berikan sekilas prosesi pernikahan adat Banjar dari mulai mencari calon pengantin hingga saat prosesi pernikahannya, semoga dapat memberikan inspirasi buat Anda semua.

Basasuluh (menyelidiki)

Dalam masyarakat Banjar, proses awal menuju jenjang pernikahan umumnya lebih aktif dilakukan oleh pihak laki-laki. Sementara pihak wanita bersikap pasif dengan menunggu sampai ada pihak laki-laki memintanya. Untuk itu, basasuluh (menyelidiki) biasanya dilakukan oleh pihak laki-laki untuk mengetahui seluk beluk gadis yang akan dipinangnya. Proses basasuluh yang berarti menyuluhi keadaan si gadis, umumnya dilakukan oleh seorang wanita tua yang pandai dan berpengalaman untuk menilai keadaan si gadis yang akan dipinang. Semua informasi mengenai keluarga, sopan santun, maupun keterampilan pihak wanita akan disampaikan pada pihak laki-laki. Apabila disetujui, maka pihak laki-laki bersiap untuk melanjutkan tahap selanjutnya yaitu badatang atau bapara.

Badatang/Bapara (Meminang/melamar)

Pada tahap ini, pihak laki-laki dan keluarganya sepakat untuk datang ke rumah orangtua si gadis guna menyampaikan maksud lamarannya. Lalu, dipilihlah satu utusan dari pihak laki-laki yang berwibawa dan pandai mengatur kata-kata, sehingga pihak wanita yang dilamar senang dan terkesan. Selama proses lamaran berlangsung, tak lupa diselingi dengan bahasa kiasan dan petatah-petitih sampai pihak keluarga wanita mengerti akan maksud kedatangannya. Jika lamaran diterima dengan baik, maka pihak keluarga wanita akan meminta waktu selama beberapa hari untuk bermusyawarah.

Bapapyuan/Bapatut Jujuran (Penentuan mas kawin)

Setelah ada kesepakatan kedua belah pihak, dilanjutkan tahap berikutnya yaitu pembicaraan mengenai besarnya jujuran (mas kawin) dan pengiringnya (patalian). Selain itu, dibicarakan pula hari dan tanggal pernikahan yang umumnya ditetapkan oleh pihak wanita. Adakalanya diterima atau ditolaknya lamaran akan diketahui dalam tahap ini, seperti besarnya jujuran dan patalian yang tidak bisa dipenuhi pihak laki-laki, terkadang mengakibatkan gagalnya pernikahan maupun penolakan halus dari keluarga pihak wanita.

Maatar Jujuran/Patalian

Apabila kesepakatan mengenai mas kawin dan pengiringnya telah disetujui oleh masing-masing keluarga, maka diadakan  upacara maatar (mengantar) jujuran (mas kawin). Hantaran mas kawin ini biasanya berupa sejumlah uang tunai yang disepakati beserta seperangkat pakaian dan perhiasan sebagai tanda jadi atau pengikat pertunangan. Tanda pengikat ini biasanya dibawa oleh ibu-ibu yang telah berumur, sambil menyampaikan pantun berbalas saat kedua rombongan bertemu.

Akad nikah

Sesuai dengan adat kebudayaan masyarakat Banjar yang banyak menyerap nilai-nilai agama Islam, akad nikah biasanya disepakati dengan perhitungan hari dan bulan Arab. Akad nikah berlangsung di masjid atau di rumah mempelai wanita sebelum akhirnya mempelai laki-laki kembali ke rumah orangtuanya untuk mempersiapkan acara selanjutnya yaitu Basanding. Namun, sebelum acara Basanding berlangsung ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh kedua mempelai guna mempersiapkan hari yang paling bersejarah dalam hidupnya.

Bapingit

Selang beberapa hari menjelang pesta basanding, kedua calon pengantin akan dipingit, tidak boleh keluar rumah. Waktu bapingit ini akan dipergunakan si calon pengantin untuk merawat tubuhnya dengan berbagai macam ramuan tradisional agar terlihat segar dan bercahaya saat bersanding di pelaminan. Ada beberapa tahap merawat tubuh selama masa bapingit dilakukan seperti Bakasai dimana kedua mempelai membaluri tubuhnya dengan cengkaruk yaitu lulur yang terbuat dari bahan beras ketan yang digosongkan dan ditumbuk halus. Setelah Bakasai selesai kemudian dilanjutkan dengan Batimung yaitu suatu cara mengeluarkan bau keringat yang tidak sedap dari tubuh dengan ramu-ramuan tradisional.

Bapacar

Usai Batimung, acara dilanjutkan dengan Bapacar yaitu acara memerahkan kuku dengan daun inai yang ditumbuk halus. Adakalanya bapacar dilakukan berulang-ulang untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Selain kuku nampak indah saat bersanding di pelaminan, bapacar merupakan ciri khas tersendiri bagi laki-laki dan perempuan Banjar yang baru menikah.

Badudus/Bapapai

Acara Badudus atau mandi bagi kedua pengantin dilakukan pada sore atau malam hari menjelang tiga hari sebelum acara basanding. Waktu ini dipilih sebagai simbol peralihan masa remaja menuju dewasa. Sebelum dimandikan, terlebih dahulu diadakan acara balarap yaitu membersihkan wajah dari bulu-bulou halus agar terlihat bersih dan bercahaya. Acara balarap tersebut hanya dilakukan sekali seumur hidup yaitu apabilas eseorang akan menikah untuk pertama kalinya.

Batamat (khatam Quran)

Acara batamat atau khatam Quran umumnya dilakukan pada sore atau pagi hari sebelum mempelai bersanding di pelaminan. Dalam acara ini mempelai memakai busana haji dan dipayungi kembang sambil membaca surat Ad-Dhuha sampai Surat An-Naas. Sewaktu membaca ayat terakhir dari masing-masing surat yang dibaca, akan diiringi para hadirin dan sanak saudara yang hadir. Acara yang dipimpin oleh seorang guru ngaji diakhiri dengan pembacaan doa bagi kedua mempelai dan selamatan nasi lemak yang dihias dengan telur rebus aneka warna.

Maarak Pengantin (mengarak pengantin)

Setelah kedua mempelai dirias, maka dilanjutkan dengan mengarak pengantin menuju pelaminan. Arak-arakan dilakukan oleh pihak pengantin laki-laki yang dimeriahkan dengan atraksi kesenian sinoman hadrah dan kudang gepang. Jika jarak rumah kedua mempelai berdekatan, arak-arakan dilakukan dengan berjalan kaki, dimana mempelai laki-laki dipayungi dengan payung ubur-ubur sambil terus mendendangkan shalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Jika jarak yang ditempuh cukup jauh, maka kendaraan pengiring pengantin akan dihias dengan hiasan berupa kepala naga yang dikenal dengan istilah Baa’arak Naga.

Basanding/Batatai

Sesampainya arak-arakan di rumah mempelai perempuan, mempelai laki-laki akan disambut dengan shalawat kemudian keduanya bersanding di balai warti sambil menyaksikan atraksi kuda gepang, orkes atau sinoman hadrah. Selanjutnya kedua mempelai turun dari balai warti dengan diusung oleh dua orang pengusung. Mempelai laki-laki diusung di pundak di atas bahu. Setelah selesai diusung, kedua mempelai dibawa masuk ke dalam rumah  untuk disandingkan di geta kencana. Saat bersanding keduanya makan nasi hadap-hadap dan nasi padapatan yang dilakukan dengan cara saling berebut menyuapi pasangan.

Sumber: Dokumen tata cara perkawinan adat Banjar, Ajungan Kalimantan Selatan TMII / Majalah Anggun

dari: http://nikahdisurabaya.com/

 

Produk terbaru

Rp 1.750
Order Sekarang » SMS : 085107588188
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeEB88172
Nama BarangUndangan Bergaya Surat EB88172
Harga Rp 1.750
Lihat Detail
Rp 3.250
Order Sekarang » SMS : 085107588188
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeEB88171
Nama BarangUndangan Indah Terjangkau EB88171
Harga Rp 3.250
Lihat Detail
Rp 7.750
Order Sekarang » SMS : 085107588188
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeEBHC9913
Nama BarangUndangan Mewah Pakis Tebal
Harga Rp 7.750
Lihat Detail
Rp 9.000
Order Sekarang » SMS : 085107588188
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeEBHC9911
Nama BarangUndangan Mewah Tebal EB-HC9911
Harga Rp 9.000
Lihat Detail
Rp 1.900
Order Sekarang » SMS : 085107588188
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJVJS16
Nama BarangUndangan Pernikahan JV JS16
Harga Rp 1.900
Lihat Detail
Rp 2.150
Order Sekarang » SMS : 085107588188
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeEB8887
Nama BarangUndangan Pernikahan Melati Putih EB8887
Harga Rp 2.150
Lihat Detail
Rp 2.350
Order Sekarang » SMS : 085107588188
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeEB8824
Nama BarangUndangan Pernikahan EB8842
Harga Rp 2.350
Lihat Detail
Rp 1.450
Order Sekarang » SMS : 085107588188
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeEB88165
Nama BarangUndangan Pernikahan EB88165
Harga Rp 1.450
Lihat Detail

Rekening Bank

Salahudin Al Ayubi 7820334935
salahudin al-ayubi 031-00-0784374-4
Salahudin Al Ayubi 2130-01-001513-53-2

Pengiriman

Cek resi

Testimoni

  • Gienah Angelin T-Surabaya

    Gilaaaa.... beli di banjar wedding top bingitzzz... barangnya murah" gue nih habis beli undangan souvenir sama diya harganya yang mateb... buat saya pesennya makin gak sabar... Thank you ya www.banjarwedding.com yang baca testimonal ini 1000000%…

  • Arul-

    Mantap - dasar harga papadaan. Arul Pelaihari

Semua Testimoni

Find Us On

085107588188
5994A1E1
085107588188